cara membedakan madu asli dan palsu ciri ciri madu asli dan palsu ciri madu asli cara membuktikan madu asli perbedaan madu asli dan madu palsu ciri ciri madu asli tanpa campuran merk madu asli menguji keaslian madu

Membedakan madu asli dan madu palsu sepertinya akan menjadi topik “khilafiyah” yang kekal dikalangan pecinta madu, baik dari kalangan konsumen pembeli madu, penjual madu, peternak lebah, pencari madu hutan, maupun para pakar madu. Karena madu berasal dari jenis lebah yang berbeda-beda, berasal dari berbagai habitat lebah yang memiliki iklim yang berbeda-beda dan sumber nektar yang berbeda-beda pula, maka secara alami madu memiliki sifat yang bervariasi. Sehingga satu parameter uji keaslian madu tidak bisa digunakan untuk semua jenis madu.
Sayangnya, di masyarakat luas terjadi bias informasi mengenai cara menguji keaslian madu. Karena berbagai pihak banyak yang mengeluarkan pernyataan yang berbeda tentang cara menguji madu asli dan madu palsu.
Berikut ini adalah cara menguji keaslian madu yang beredar di kalangan masyarakat luas. Valid dan tidaknya cara tersebut masih terus menuai kontroversi dari berbagai pihak.
Madu sintetis dan madu murni, sepintas memang sukar dibedakan. Apalagi sejumlah produsen madu sintetis semakin pandai meniru sifat-sifat madu asli seperti warna penampilan tekstur fisik, aroma, hingga rasa. Dengan mengetahui sifat-sifat madu asli, mereka bisa menemukan cara bagaimana agar madu campuran yang mereka nampak seperti madu asli. Madu dipalsukan dalam beberapa kategori, antara lain:
  1. Pemalsuan madu dari segi jumlah, dilakukan dengan menambah volume madu asli dengan madu palsu, misalkan mencampurkan gula/madu buatan yang relatif lebih murah untuk kemudian diaduk. Pemalsuan ini pada intinya adalah meningkatkan jumlah madu “asli” dengan ditambah madu “palsu” atau bahan lain, seperti fruktosa sintetis, glukosa sintetis, sirup dll. Contoh kasus: 20% bagian adalah madu asli lalu ditambah gula sintetis 80% bagian,maka jadilah Madu palsu. Pemalsuan madu seperti ini sangat banyak beredar.
  2. Pemalsuan madu dari segi mutu, biasanya dilakukan dengan mengubah kadar air madu yang tadinya tinggi, lalu diturunkan dengan pemanasan. Kadar air mempunyai hubungan yang signifikan dengan mutu madu. Semakin rendah kadar air pada madu, maka akan semakin baik mutunya, demikian pula sebaliknya. Pemalsu madu biasanya memiliki madu yang kadar airnya sangat tinggi (22-30%). Kemudian untuk mengelabui kadar air yang tinggi tersebut, mereka menurunkan kadar air dengan pemanasan suhu tinggi. Dengan dilakukannya pemanasan, maka kadar air pada madu palsu akan berkurang sehingga menjadi lebih kental. Namun, sayangnya pemanasan pada madu selain dapat menurunkan aktivitas enzim juga dapat merusak kandungan vitamin dan mineral alami madu. Kandungan gizi yang sudah banyak mengalami kerusakan oleh fermentasi itu justru semakin rusak, bahkan hampir-hampir tidak lagi memiliki kandungan gizi sama sekali. Lebih buruk lagi, madu yang dipanaskan bisa mengandung racun yang dihasilkan selama pemanasan karena madu bereaksi dengan panci/logam yang digunakan untuk ketika melakukan pemanasan. Alih-alih memperoleh kesehatan, konsumen justru terancam oleh madu yang kualitasnya sudah sangat buruk ini bahkan beresiko mengandung racun, terutama bagi anak-anak dan pengidap penyakit yang justru ingin sembuh dari manfaat madu.
  3. Pemalsuan madu secara menyeluruh, yakni madu yang diklaim “asli” padahal sebenarnya 100% buatan manusia dengan menyerupai sifat-sifat madu, jadi bukan madu yang berasal dari lebah dengan komposisi aslinya. Madu tersebut merupakan madu buatan semuanya / 100% palsu, sehingga komposisi kimia yang terkandung di dalamnya merupakan komposisi yang “diada-adakan”.
Konsumen pada umumnya masih belum paham tentang mutu madu yg baik. Dan celakanya lagi, sebagian besar produsen madu pun tidak mencantumkan kandungan madu pada kemasan madu yang mereka jual. Menurut Ir. Bambang Soekartiko, seorang pakar madu, umumnya orang sekarang menggunakan beberapa cara untuk membedakan madu murni dan madu campuran, diantaranya: mencampurkan madu dengan telur, dengan uji penyerapan menggunakan kertas koran, dengan cara membakar madu, atau dengan memperhatikan kelompok semut yang berkumpul di sekitar madu.
  1. Menguji madu dengan mencampurkan kuning telur Cek Keaslian Madu dengan Telur Campurkan madu dengan kuning telur. Kuning telur yang dicampur madu akan tampak matang. Yang sebenarnya terjadi adalah penggumpalan atau koagulasi. Hal ini karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal, sehingga telur akan terlihat matang, yang sebenarnya ter-koagulasi. Namun, cara ini dinilai kurang efektif untuk membedakan madu asli dan madu palsu, karena pemalsu madu pun tidak kalah pintar, mereka memberikan zat yang bisa membuat telur menjadi bergumpal atau matang, yaitu cuka atau nanas.
  2. Membedakan madu murni dan madu palsu dengan menguji sifat penyerapannya Dengan meletakkan madu di atas permukaan koran akan terlihat apakah madu tersebut asli atau palsu. Ciri-ciri madu asli: saat diletakkan di atas permukaan koran, madu tidak akan merembes karena kadar airnya yang rendah. Ciri Madu palsu: akan mudah merembes di permukaan koran karena kadar airnya yang tinggi dan sudah dicampur. tes madu asli atau palsu dengan koran Namun, cara membedakan madu asli dan palsu dengan metode ini juga dinilai kurang efektif, karena kadar air pada madu bisa dikelabui dengan pemanasan atau dicampur dengan bunga raya yang di peras atau dengan caramel agar madu makin terlihat kental.
  3. Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan cara membakarnya Madu asli bisa dibakar karena masih sangat kental, sebaliknya, madu palsu yang cair tidak bisa dibakar. Ambil korek dan lilin dengan sumbu kapas. Lakukan tes ini jika anda tidak mau mengorbankan banyak madu untuk dites. Celupkan sedikit lilin bersumbu kapas ke dalam madu dan coba bakar sumbu tersebut. Jika terbakar, maka madu itu benar-benar madu murni, namun jika tak mau terbakar, maka kemungkinan adanya air tidak memungkinkan sumbu untuk terbakar. Kelemahannya, jika hanya ada sedikit campuran air pada madu, itu masih memungkinkan madu untuk terbakar. Atau, bisa juga madu diberi campuran spritus agar bisa terbakar, sehingga cara ini dinilai masih kurang efektif.
  4. Simpan beberapa sendok madu di dalam freezer kulkas. Diamkan madu sekitar 10-30 menit lalu amati perubahannya. Ciri Madu palsu akan membeku karena telah bercampurnya zat-zat tertentu dengan madu. Ciri Madu asli seyogyanya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es maka kita dapat meminumnya kapan saja. Madu hutan yang merupakan jenis madu terbaik tidak akan beku walaupun diletakkan di freezer selama berbulan-bulan karena kadar airnya di bawah 20%.
  5. Ciri lain adalah; madu asli memiliki rasa lebih asam, ini sudah umum diketahui. Selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam mengingat madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 – 6,1.
  6. Madu dan Semut? cara mengetes madu asli dan palsu dengan semut Semut akan berkumpul pada madu palsu karena encernya madu tersebut, dan tidak akan mendekati madu asli karena semut makan menggunakan belalainya, sehingga pada saat semut menemukan madu kental, mereka tidak mungkin memakannya karena dinding yang tebal, keras seperti batu. Namun, sayangnya gerombolan semut yang mengerubungi madu tidak bisa dijadikan acuan untuk membedakan madu asli dan madu palsu. Semut mendekati madu asli karena:Tertarik dengan khas bau madu yang wangi terutama madu dari indonesia, akan tetapi madu tersebut tidak bisa ditelan oleh semut dengan kata lain madu ngga bisa abis sama semut, lain halnya dengan gula, cairan gula bisa habis oleh semut. Semut mendekati madu palsu karena: madu mungkin mengandung campuran gula pasir atau sejenisnya Semut tidak mau mendekati madu :
    • Madunya basi, sudah mengalami fermentasi jadi kandungan alkohol meningkat, semut ngga suka bau alkohol
    • Madu dari hutan yang asli, karena madu dari hutan biasanya mengandung propolis yang lebih dibanding madu lebah ternak, karena cara pemanenannya yang membuat jadi beda kandungan propolisnya dan kandungan yang lain, disini semut tidak mau mendekat karena tidak suka aroma propolis
TES MANUAL UNTUK MENDETEKSI KEASLIAN MADU
  1. Menuangkan madu diatas sendok dan memanaskannya diatas lilin. Ciri Madu asli: Buih pada madu asli akan mendidih dan meluber hingga keluar dari sendok Ciri Madu palsu: Meski madu bergejolak namun tak akan pernah meluber dari sendok. Dinginkan madu selama beberapa menit, kemudian tarik madu dengan sebatang lidi. Madu asli bila ditarik keatas, teksturnya akan tetap lembut sehingga tidak bisa mengeras dan tidak dapat membentuk benang. Madu palsu bila ditarik keatas, maka akan terbentuk benang kaku yang menyerupai kawat tipis yang mudah patah. (Lihat ilustrasinya pada video di bawah)
  2. Tuangkan madu ke dalam botol hingga separuh. Kocoklah selama 2 menit. Biarkan beberapa saat. Ciri Madu asli: mengeluarkan butir-butir buih secara merata, lalu butir-butir buih itu bergerak perlahan ke atas. Busa dan udara yang terbentuk akan naik dan mendorong tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil disebabkan dorongan busa dan udara tadi. Ciri Madu palsu: mengeluarkan buti-butir buih yang bergerak lebih cepat atau bahkan tidak (sedikit) berbuih.
  3. Tuangkan madu secara perlahan ke dalam piring yang berisi air. Madu murni akan berputar searah jarum jam ketika mengalir keluar dari tabung atau botolnya. Hal ini disebabkan oleh struktur molekul madu yang memiliki bias (arah) kanan yang membuat aliran putaran madu menjadi searah jarum jam. Atau, jika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur dengan air, ia akan membentuk segi enam berbentuk sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang.
  4. Campurkan madu ke dalam segelas air. Ciri Madu asli akan tetap menjadi satu dan langsung tenggelam sebagai gumpalan ke dasar gelas. Ciri Madu palsu akan dengan cepat menyebar dan cenderung bercampur dengan air di dalam gelas lebih cepat.
  5. Tuangkan sedikit madu pada kain putih, lalu cuci kain tersebut. Jika ada noda yang tersisa, kemungkinan madu tersebut tidaklah murni.
  6. Cara terakhir untuk membedakan madu asli dan madu palsu adalah dengan cara memasukan ikan mentah kedalam botol berisi madu dan tutup sehingga kedap udara. Setelah 2 minggu periksa ikan yang sudah dipendam dalam madu. Pada madu asli, ikan menciut dan berubah warna menjadi pucat namun tak berbau. Pada madu palsu, ikan akan memiliki ukuran yang tetap, namun warnanya menjadi agak kehitaman dan berbau busuk menyengat. Madu sudah terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesegaran daging sampai 3 bulan jika direndam dalam madu juga untuk mengawetkan jenazah. Oleh sebab itu di Arab madu dijuluki sebagai al-hafidz al-amin. Orang Mesir telah mempraktekkan jenis pengawetan seperti ini selama ribuan tahun. Banyak makanan dan mayat yang telah ditemukan di makam Mesir dalam keadaan diawetkan dalam madu. Melestarikan gula, atau madu, telah dipraktekkan di Afrika utara, Timur Tengah, dan Timur selama ribuan tahun. Meskipun metode ini digunakan pada umumnya digunakan untuk buah-buahan, sayuran, dan bunga, namun ada bukti bahwa daging juga dapat diawetkan dalam madu. Ada resep Romawi untuk mengawetkan daging dalam madu. Karena itu, madu campuran/palsu tidak bisa menjaga keawetan daging sebagaimana madu asli.
  7. Aroma juga bisa dijadikan faktor untuk menentukan madu asli dan madu palsu. Madu asli memiliki aroma dan bau khas seperti madu dari bunga rambutan, kapuk randu atau kelengkeng. Madu palsu sama sekali tidak beraroma.
Penderita diabetes mellitus (DM) yang berpengalaman minum madu bisa merasakan madu murni dan madu palsu. Bila setelah minum madu, badan menjadi lebih segar dan bertenaga kembali (sama seperti orang normal yang tidak menderita diabetes yang baru saja minum teh manis), itu menandakan madu yang baru diminum murni dan alami. Dalam tubuh penderita diabetes, madu diubah jadi tenaga (tanpa bantuan insulin). Bila penderita diabetes minum teh manis atau madu yang tidak murni dan tidak alami, ia tidak akan segera merasa segar dan bersemangat, tetapi tetap loyo bahkan tambah loyo (karena gula atau madu palsu tidak bisa diubah jadi tenaga tetapi justru mencemari tubuh penderita diabetes). Pengamat madu Indonesia, Surandi K. Riyatmo menilai, murni dan alami madu hanya bisa diteliti di laboratorium karena tidak ada cara lain yang bisa dipertanggungjawabkan. Di laboratorium, kandungan glukosa pada madu murni agak dominan kelihatan dan kandungan sukrosa lebih menonjol pada madu palsu. Madu asli mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asamfolat dan vitamin K. Dan yang paling penting agar tidak tertipu oleh oknum pemalsu madu, sebaiknya anda membeli madu langsung pada peternakan lebah madunya agar terjamin keasliannya.

PROSES PANEN MADU HUTAN SUMBAWA, MADU HUTAN NTT
 
      

PROSES PANEN MADU HUTAN KALIMANTAN
 
 

PROSES PANEN MADU RANDU KAPUK DI PASURUAN
 

PROSES PANEN MADU KOPI DI MALANG

PROSES PANEN MADU KALIANDRA DI KEDIRI
   

LAHAN MADU KLANCENG/TRIGONA/KELULUT/TEUWEUL DI BLITAR
 
PRODUK GERAI MADU ALIFA BLITAR ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

UNTUK DETAIL INFO SILAHKAN KLIK JENIS PRODUK TERSEBUT.
ANDA BERMINAT?
SILAHKAN HUBUNGI KAMI:
Gerai Madu Alifa Blitar
Alamat: Jl. kemuning No. 14 Plosokerep, Kota Blitar, Jawa Timur
PHONE/SMS/WA: 082332995159
PHONE/SMS/LINE: 085815034733
FB: www.facebook.com/madualifa
Website: www.madualifa.com
Website: www.maduasli.info
Youtube:www.youtube.com/c/AhmadFauzanBlitar
KAMI MELAYANI PENGIRIMAN KE SELURUH INDONESIA
DOKUMENTASI PENGIRIMAN MADU BISA DILIHAT DI SINI


KAMI SIAP KIRIM KE SELURUH INDONESIA MELALUI JASA PENGIRIMAN:

BIAYA KIRIM HANYA 10.000/KG UNTUK PULAU JAWA, 
UNTUK LUAR PULAU JAWA SUBSIDI BIAYA KIRIM 50 %.
TUNGGU APALAGI???
MADU MURNI



GERAI MADU ALIFA BLITAR
Alamat: Jl. Kemuning No.14, Plosokerep, Kota Blitar, Jawa Timur

REKENING BANK
 bri_kecil.gif
 Rek. 0009-0105-9903-508
 A.n. Ahmad Fauzan
Rek: 122-000-69001-667
A.n. Ahmad Fauzan 
 
Rek: 014-2822-407
A.n. Ahmad Fauzan 

UNTUK DETAIL INFO SILAHKAN KLIK JENIS PRODUK TERSEBUT.
ANDA BERMINAT?
SILAHKAN HUBUNGI KAMI:
Gerai Madu Alifa Blitar
Alamat: Jl. kemuning No. 14 Plosokerep, Kota Blitar, Jawa Timur
PHONE/SMS/WA: 082332995159
PHONE/SMS/LINE: 085815034733
FB: www.facebook.com/madualifa
Website: www.madualifa.com
Website: www.madumurni.net
Youtube:https://www.youtube.com/channel/UCXh4yML5KNMQv6FFSXqemig
KAMI MELAYANI PENGIRIMAN KE SELURUH INDONESIA
DOKUMENTASI PENGIRIMAN MADU BISA DILIHAT DI SINI


KAMI SIAP KIRIM KE SELURUH INDONESIA MELALUI JASA PENGIRIMAN:

BIAYA KIRIM HANYA 10.000/KG UNTUK PULAU JAWA, 
UNTUK LUAR PULAU JAWA SUBSIDI BIAYA KIRIM 50 %.
TUNGGU APALAGI???
MADU MURNI
 

Postingan populer dari blog ini

Resep stamina pria dewasa, obat kuat untuk pria, ramuan kejantanan, resep tahan lama di ranjang dari bahan tradisional

MENGENAL LEBAH MADU KLANCENG, KHASIAT LEBAH MADU KELULUT, JUAL MADU LANCENG ASLI MURNI

Blog Archive

Tampilkan selengkapnya

Total Tayangan Halaman