sarang lebah madu buatan sarang lebah madu terbesar di dunia sarang lebah madu hutan cara membuat sarang lebah madu cara membuat sarang lebah madu tradisional manfaat sarang lebah madu cara mengambil madu dari sarang lebah cara mengambil madu dari sarang lebah liar

Kami menjual madu asli, madu sarang tawon, madu murni, madu hutan asli, madu hutan murni, madu lebah hutan, madu lebah apis dorsata, madu sialang, madu klanceng, lebah kelulut, madu lanceng, madu randu, madu kopi, madu kaliandra, madu sono, madu rambutan, madu kelengkeng, madu karet, madu sarang.
di bawah ini adalah dokumentasi panen madu sialang, madu kopi, madu kaliandra, madu randu, dan madu lanceng.

Madu Sialang adalah madu yang berasal dari kelompok lebah yang hidup dan bersarang di pohon yang banyak terdapat di kawasan hutan Provinsi Bengkulu, Provinsi Riau, perbatasan Riau – Sumatera Barat, dan Provinsi Jambi, termasuk Provinsi Sumatera Selatan. 
Beberapa contoh pohon sialang itu antara lain pohon benuwang Octomeles sumatrana, cempedak air Artocarpus maingayi, pohon tualang Koompassia parvifalia, dan menggeris K. excelsa dan lain-lain yang apabila disarangi oleh lebah hutan (apis dorsata) maka masyarakat di Sumatera akan menamakannya pohon sialang.
Pohon tempat lebah bersarang tersebut biasa disebut dengan pohon Sialang sehingga madu yang dihasilkan di kenal dengan nama madu Sialang.
















Sialang adalah sebutan bagi pohon tinggi besar yang dihuni oleh ratusan kerajaan lebah. Puncaknya menjulang jauh di atas atap hutan. Maklum, tingginya rata-rata 50 m atau lebih dengan garis tengah batang 2 m. Kebanyakan berdaun kecil sehingga kalau angin bertiup, ya lewat saja. Jadi, tidak gampang tumbang oleh topan badai. 
Lebah hutan memilih cabang yang terbuka, bebas dedaunan, di daerah atasan pohon, untuk membangun sarang gandul yang bisa didarati dan ditinggallandasi dengan bebas. Satu dahan bisa ditempati 20 sarang lebah. Pada satu pohon kadang bisa ditemukan 100 – 200 sarang gandul seperti itu.
 
  














Pohon-pohon Sialang itu merupakan jenis tanaman yang dilindungi secara hukum, baik undang-undang pemerintah maupun hukum adat. Hal ini agar kelestarian pohon – pohon tersebut tetap terpelihara sebagai tempat bersarangnya kelompok lebah. Dari lebah itu di hasilkan madu sebagai salah satu sumber penghasilan masyarakat desa atau suku disekitar hutan.
















Keberadaan pohon-pohon sialang atau disebut juga pohon pauh rusa adalah aset sumber daya alam untuk masyarakat lokal yang hidup di wilayah Sumatera.
Berikut ini adalah dokumentasi proses panen madu Sialang dari suplier untuk Gerai Madu Alifa Blitar di kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan video proses panen madu Sialang untuk Gerai Madu Alifa Blitar di kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat dapat anda lihat di bawah ini.























dokumentasi panen madu kopi di gunung kawi malang
dokumentasi panen madu kaliandra di gunung wilis, kediri, jawa timur











dokumentasi panen madu randu, pasuruan, jawas timur


Berikut ini adalah dokumentasi panen madu hutan kalimantan yang dilakukan oleh Bang Ipul, seorang suplier madu hutan Kalimantan untuk Gerai Madu Alifa Blitar.
Panen madu hutan kali ini berada di daerah Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.
 
 

  

 


Berikut ini adalah proses panen madu klanceng, madu lanceng suplier Gerai Madu Alifa Blitar.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar